Mahasiswa in Action

Permasalahan kemanusiaan akhir-akhir ini teradi di banyak daerah, baik dalam negeri maupun di dunia internasional. Mulai dari dampak kemanusiaan yang disebabkan dari aktifitas alam seperti kekeringan, banjir, gempa, tanah longsor, gunung meletus, hingga permasalahan kemanusiaan yang tak kalah besar dampaknya yang disebabkan oleh peperangan.

Kabar baiknya, seiring dengan fakta permasalahan di atas ternyata tingkat empati dan kepedulian masyarakat juga semakin meningkat. Hal itu terbukti dengan semakin merebaknya lembaga-lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kemanusiaan dengan program-program unik dan semakin berinovasi.

Semakin banyaknya LSM-LSM yang bergerak dalam misi kemanusiaan tentu membutuhkan tenaga-tenaga professional yang siap berkhidmat dalam program itu. Hal inilah yang dipandang oleh Yayasan Ulul Albab Yogyakarta menjadi peluang untuk mendayagunakan mahasiswa sesuai dengan keahliannya. Sehingga diharapkan mahasiswa memiliki saluran untuk memberikan empati, kepedulian serta kontribusi sesuai dengan ilmu yang diplajarinya.

Ada dua misi utama yang akan dilakukan oleh Yayasan Ulul Albab Yogyakarta dalam program Mahasiswa In Action ini. Pertama adalah peningkatan skill dalam misi kemanusiaan seperti pelatihan mitigasi bencana, pelatihan SAR, serta penanggulangan pasca banana. Kedua adalah penerjunan langsung di daerah daerah yang membutuhkan. Misalnya dengan mengerahkan mahasiswa jurusan politik untuk menjadi tenaga ahli dalam rekonsiliasi konflik, mahasiswa jurusan psikologi untuk menjadi tenaga rehabilitasi bencana, mahasiswa urusan pendidikan untuk berkhidmad menjadi guru darurat di tengah masyarakat, dan lain sebagainya.

Whatsapp
Scroll Up